Menu
Senin, 17 Desember 2018 | 8:01:12 pm

Malean Sampi, Meriahkan Hari Jadi ke-6 Desa Wisata Buwun Sejati

Malean Sampi, Meriahkan Hari Jadi ke-6 Desa Wisata Buwun Sejati

LOBAR - Desa wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat (Lobar), genap berusia 6 tahun. Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 Desa Buwun Sejati dirayakan masyarakat penuh suka cita. Salah satunya, dimeriahkan dengan lomba "Malean Sampi" atau karapan sapi.

Desa Buwun Sejati, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, adalah desa wisata yang cukup dikenal karena potensi wisata yang dimilikinya. Pemerintah telah menjadikan Desa Buwun Sejati sebagai desa wisata dan salah satu desa percontohan di Lombok Barat.

Menyambut HUT ke-6 Desa Buwun Sejati, berbagai kegiatan digelar pemerintah desa bersama masyarakat. Kepala Desa Buwun Sejati, Bambang Kurdi Sartono, mengatakan dengan penuh antusias masyarakat menyambut hari jadi ke-6 Desa Buwun Sejati, salah satunya dengan menggelar lomba Malean Sampi.

"Kegiatan ini (Loma Malean Sampi) semata-mata keinginan masyarakat," ucap Kades Bambang Kurdi Sartono, saat pembukaan Lomba Malean Sampi, yang dibuka oleh Sekdis Pariwisata Lombok Barat mewakili Bupati, dihadiri Camat Narmada, Kades se kecamatan Narmada, Babhinsa, Babhinkamtibmas Desa Buwun Sejati, pemuda dan warga di lokasi persawahan setempat, pada Jumat (27/7/2018).

Menurut Kades Buwun Sejati, lomba malean sampi digelar masyarakat selain sebagai ucapan rasa syukur, juga sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan ke desa Buwun Sejati.

"Wisatawan yang berkunjung ke desa kami bukan hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara yang terus mengalami peningkatan, karena destinasi wisata yang ada terus dikembangkan. Sehingga berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara itu dalam pembukaan lomba malean sampi itu, Sekeratrais Dinas (Sekdis) Pariwisata Lombok Barat, Baiq Yeni Satria Ekawati, mewakili Bupati Lombok Barat, menegaskan bahwa apapun itu di mulai dari desa, apalagi potensi wisata di desa Buwun Sejati sangat natural.

Baiq Yeni mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan tradisi dan kearifan lokal sebagai destinasi wisata yang dimiliki desa Buwun Sejati. "Mari kita tunjukkan apa yang menjadi tradisi kita di desa ini kepada para wisatawan. Harus kita tetap jaga dengan Salam Senyum Sapa (3S)," imbuhnya.

Muhali, selaku panitia HUT ke-6 Desa Buwun Sejati, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah Lombok Barat atas perhatian dan dukungannya terhadap pembangunan desa Buwun Sejati, terutama dukungan terhadap kegiatan hari jadi desa Buwun Sejati.

"Kita patut syukuri bahwa saat ini desa Buwun Sejati sudah sudah menjadi desa berkembang bahkan menjadi desa percontohan," ucap Muhali.

(mn-05)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :