Menu
Rabu, 20 Juni 2018 | 3:25:33 am

Panwaslu Lotim : Hasil Klarifikasi Dugaan ASN Terlibat Politik Praktis, Sudah Diserahkan ke BKPSDM

Panwaslu Lotim : Hasil Klarifikasi Dugaan ASN Terlibat Politik Praktis, Sudah Diserahkan ke BKPSDM

LOTIM - Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lombok Timur (Lotim), Retno Sirnopati mengatakan telah menyerahkan hasil klarifikasi ASN yang diduga terlibat melakukakan pertemuan mendukung salah satu bakal pasangan calon Kepala Daerah (Kada) ke BKPSDM Lotim.

Beberapa orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaporkan pada Senin (15/1/2018) kemarin oleh Panwas Kecamatan, karena diduga terlibat dalam kegiatan kampanye praktis atau memberikan dukungan kepada salah satu bakal pasangan calon Kada di Kabupaten Lotim, telah dimintai klarifikasinya oleh Panwaslu.

"Hasil klarifikasi Panwaslu terhadap ASN tersebut sudah diplenokan dan kemudian diserahkan ke BKPSDM," kata Retno Sirnopati, Ketua Panwaslu Lotim.

Retno tidak menampik penanganan persoalan laporan ASN yang diduga terlibat politik praktis tersebut terkesan lamban. Pasalnya menurut Dia, persoalan seperti itu membutuhkan waktu untuk melakukan pengkajian dan klarifikasi kepada sejumlah pihak yang diduga terlibat.

Menurutnya, dalam setiap laporan atau dugaan pelanggaran pemilu Panwaslu wajib melihat terlebih dahulu kordip hukum penindakan pelanggaran (HPP)-nya. Setelah itu baru dilanjutkan untuk melakukan klarifikasi kepada pihak ASN yang diduga untuk dijadikan bahan kajian oleh tim khusus Komisioner, sehingga dapat menentukan jenis pelanggarannya. Setelah itu baru bisa kita plenokan.

"Kaitan dengan persoalan ASN yang diduga turut mendukung salah satu calon Kada tersebut, sudah usai ditangani karena hasilnya sudah diserahkan ke Badan Kepegawaian Kabupaten," katanya.

(mn-13/r3)

^ KEMBALI KE ATAS