Menu
Selasa, 16 Oktober 2018 | 3:25:39 pm

KPU NTB : 14 Orang Balon DPD RI Dapil NTB Dinyatakan Memenuhi Syarat

Rapat pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual balon DPD RI dapil NTB, digelar KPU NTB di Mataram, pada Kamis (28/6/2018). Rapat pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual balon DPD RI dapil NTB, digelar KPU NTB di Mataram, pada Kamis (28/6/2018).

MATARAM - Sebanyak 14 orang bakal calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil NTB dinyatakan memenuhi syarat baik secara jumlah maupun sebaran dukungan.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU NTB, pada Kamis (28/6/2018).

Sebelumnya pihak KPU NTB telah melakukan verifikasi faktual terhadap sampel dukungan para bakal calon (balon) yang tersebar minimal di lima kabupaten kota se NTB.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori mengatakan bahwa berdasarkan hasil pleno ada 14 bakal calon DPD RI dapil NTB yang dinyatakan memenuhi syarat.

"Dari 34 bakal calon anggota DPR RI dapil NTB dinyatakan ada 14 balon yang memenuhi syarat," ucapnya ketika ditemui usai memimpin jalannya rapat pleno yang dihadiri oleh balon dan LO DPD RI Dapil NTB.

Menurut Ketua KPU NTB, dimana ada 20 bakal calon yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan di haruskan untuk memperbaiki syarat baik dukungan dan sebarannya.

Meski ada yang belum memenuhi syarat, namun ke 34 balon sudah bisa untuk melakukan pendaftaran walaupun masih ada yang perbaikan setelah adanya hasil rapat pleno dalam bentuk Berita Acara (BA), pendaftaran sendiri dijadwalkan mulai 9-11 Juli 2018 besok.

Sedangkan balon DPD RI yang belum memenuhi syarat diberikan waktu untuk melakukan perbaikan sesuai jadwal yaitu 21-24 Juli mendatang.

Perlu diketahui meskipun sudah mendaftar, namun bagi balon yang sedang perbaikan akan dilakukan verifikasi faktual kembali dukungannya, namun jika hasilnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maka tidak bisa melanjutkan ketahapan selanjutnya.

"Syarat jumlah dan sebaran dukungan ini belum dapat memastikan bahwa balon yang telah daftar akan lolos menjadi calon jika ada syarat syarat lainnya tidak dipenuhi," pungkasnya.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :