Menu
Senin, 24 September 2018 | 10:10:31 pm

Bawaslu Mataram Ingatkan Caleg Taati Aturan Kampanye

Hasan Basri, Ketua Bawaslu Kota Mataram Hasan Basri, Ketua Bawaslu Kota Mataram

MATARAM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mataram ingatkan para calon anggota legislatif (caleg) yang akan bertarung pada pemilu 2019 besok, untuk mentaati aturan main yang telah ditetapkan. Salah satunya aturan yang mengatur jadwal kampanye.

Berdasarkan tahapan-tahapan pemilu 2019, bahwa tahapan kampanye baru akan dimulai pada akhir bulan ini, yaitu tanggal 23 September 2018.

Jika ada ditemukan caleg yang melakukan kampanye diluar jadwal yang telah ditentukan berdasarkan peraturan perundang-undangan, maka sanksi pidana siap menunggu.Maka, tidak ada ruang bagi caleg peserta pemilu yang saat ini baru masuk dalam Daftar Calon Sementara (DPS) untuk melakukan aktifitas menyampaikan ajakan atau visi dan misi.

Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri, mengatakan untuk menghindari terjadinya kampanye diluar jadwal pihaknya sebagai pengawas telah mengingatkan para peserta pemilu.

"Terkait kampanye, kami sudah bersurat secara resmi pada parpol untuk tidak kampenye diluar masa kampanye," ucap Hasan di Mataram, Selasa (4/9/2018).

Menurut Hasan, sesuai dengan tahapan yang ditetapkan, masa kampanye itu akan dimulai sejak 23 september sampai tiga hari sebelum pungut hitung.

Namun jika ada ditemukan kampanye diluar jadwal apalagi lewat pemasangan alat peraga maka bawaslu akan terlebih dahulu melakukan komunikasi dan melakukan himbauan.

"Jika ditemukan, kami memghimbau untuk turunkan kalau tidak diturunkan maka kami akan pamggil," terang Hasan.

Bahkan lanjutnya, bagi pelanggar jadwal kampanye bisa juga dijerat dengan sanksi pidana selama satu tahun penjara dan denda Rp12 juta seperti yang diatur dalam UU No 7 tahun 2018 pasal 276 (2) tentang larangan kampanye, setiap orang yang melakukan kampanye diluar masa kampanye.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom | Rilis Pers | Opini


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Redaksi

Selalu Terhubung :