Menu
Selasa, 16 Oktober 2018 | 3:29:27 pm

KPU Tetapkan 917 Caleg DPRD NTB Masuk DCT

KPU Tetapkan 917 Caleg DPRD NTB Masuk DCT

MATARAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB akhirnya menetapkan sebanyak 917 calon anggota legislatif DPRD NTB yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, mengatakan bakal calon legislatif (caleg) saat mendaftar sebanyak 933 orang, yang masuk ke DCT sebanyak 919 bakal caleg. Kemudian yang ditetapkan menjadi DCT sebanyak 917 caleg.

"Setelah ditetapkan menjadi DCT, ada pengurangan dua orang karena mengundurkan diri dan sudah atas persetujuan partai yaitu PKS," terang Aksar, kepada sejumlah wartawan, di Mataram, Kamis petang (20/9/2018).

Aksar menjelaskan, dari 917 caleg yang telah ditetapkan dalan DCT anggota DPRD NTB tersebut, ada 565 caleg laki-laki dan 352 caleg perempuan.

"Untuk keterwakilan perempuan sudah melebihi 30 persen, yaitu sebanyak 38.39 persen keterwakilan perempuan dari 16 parpol, dan 8 daerah pemilihan," katanya.

Sementara itu dari lartar belakang caleg DPRD NTB yang masuk dalam DCT, tidak hanya berasal dari partai politik saja, namun juga dari kepala daerah, perangkat desa, dosen dan guru swasta, pensiunan PNS, pensiunan BUMN dan purnawirawan TNI/Polri.

Ditegaskan bahwa setelah KPU menetapkan bakal caleg yang masuk dalam DCT, maka tidak boleh dilakukan pergantian, tetapi hanya boleh dilakukan pencoretan.

"Bagi yang tidak puas dengan penetapan atas DCT, maka dipersilahkan untuk melayangkan gugatan melalui Bawaslu," katanya.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :