Menu
Senin, 24 September 2018 | 10:12:01 pm

Ini Catatan Penting Dewan Loteng, Setujui Ranperda APBD-P 2018

Ini Catatan Penting Dewan Loteng, Setujui Ranperda APBD-P 2018

LOTENG - Semua Fraksi di DPRD Lombok Tengah (Loteng) setujui Ranperda APBD-P, namun dengan sejumlah catatan penting. Misalnya sejumlah persoalan yang muncul, yakni soal bencana, kebakaran pasar Renteng, Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta soal ketersediaan air dan efektifitas anggaran.

Catatan penting seluruh fraksi tersebut diungkapkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lombok Tengah, dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Keuangan Dan Ranperda APBD-P 2018 Loteng, pada Senin (10/9/2018), yang dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD, serta Wakil Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri.

Penyampaian pertama di awali Fraksi Golongan Karya (Golkar) melalui juru bicara Syarifduin. Dalam catatannya agar APBD digunakan dengan efektif dan efesien berdasarkan prioritas pembangunan daerah yanga sesuai dengan RJPMD dan RKP yang menunjukkan keberpihakan pada kepentingan rakyat.

Fraksi Golkar juga menyorot soal Pendapatan Asli Daerah dengan mempertanyakan sejauhmana penggalian potensi daerah untuk memperbesar PAD saat ini.

Selanjutnya Fraksi Partai Gerindra, Muhali, dalam penyampaiannnya mengungkapkan pemandangan umum terhadap Nota Keuangan dan RAPB-P 2018, meminta Pemda Lombok Tengah memperhatikan ketersediaan air bersih dengan cukup serius. Serta mempertanyakan berapa nilai anggaran yang diperuntukan kepada korban gempa yang ada di wilayah Lombok Tengah.

Sedangkan, Nurul Adha dari Fraksi PKB meminta agar APBD-P bisa menjawab kebutuhan dasar masyarakat Lombok Tengah. Berharap anggaran perubahan dibahas dengan terbuka dan partisipatif serta tidak bertentangan dengan kepentingan umum. Fraksi PKB juga menyorot penanganan terhadap kebakaran pasar Renteng yang telah merugikan masyarakat.

Sementara itu Samsul Qomar dari Fraksi Demokrat lebih menyorot penanganan korban bencana alam gempa dan bencana kebakaran pasar Rentang. Serta pembelian mobil dinas yang dinilai tidak tepat dan menghamburkan anggaran saja.

Sedangkan Fraksi PPP lewat Jubirnya M Mayuki menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah terhadap meningkatnya APBD dalam Nota Keuangan yang disampaikan oleh Pemda beberapa waktu lalu. Fraksi PPP juga meminta agar Pemda melakukan pembinaan terhadap pemerintah desa apalagi saat ini desa sedang melakukan Pilkades.

Ahmad Rifai lewat Fraksi PKS-nya meminta penjelasan kepada Pemda sejumlah persentase realisasi anggaran selama semester pertama tahun ini. Serta Pemda Loteng juga harus mengantisipasi tindak kriminal  yang kerap meresahkan warga.

Didik Ariesta dari Fraksi Partai Bulan Bintang  meminta Pemda Loteng mengevaluasi Pendapatan dan Belanja daerah, mengingat adanya musibah gempa. Serta meminta Pemda segera memulihkan pariwisata yang sepi akibat gempa. Tidak hanya gempa Fraksi PBB juga meminta agar pemda membayarkan gaji 13 dan 14 langsung memalui transfer agar tidak terjadi pemotongan.

Sementar Fraksi Nasdem melalui Jubirnya Lalu Kamran Muhali memberikan apresiasi terhadap Pemda Loteng terkait struktur APBD-P tahun 2018 ini. Tetapi Fraksi Nasdem berharap Pemda tetap mempertahankan kualitas anggaran yang mengacu pada kepentingan rakyat.

Sementara Suhaimi dari Fraksi Nurani Perjuangan berharap agar rasionalisasi anggaran berupa penambahan dan pengurangan akan dapat memenuhi skala prioritas pembangunan yang dilakukan pada tahun 2018.

Dalam rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ahmad Fuaddie selaku Ketua DPRD Loteng.

(mn-05)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom | Rilis Pers | Opini


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Redaksi

Selalu Terhubung :