Menu
Senin, 10 Desember 2018 | 11:00:22 pm

Kadin Nilai Birokrasi Pemkab Lobar Hambat Percepatan Rekonstruksi Rumah Terdampak Gempa

Kadin Nilai Birokrasi Pemkab Lobar Hambat Percepatan Rekonstruksi Rumah Terdampak Gempa

LOBAR - Pengurus Kamar Dagang dan Industri Lombok Barat (Kadin Lobar) menilai birokrasi pemerintah kabupaten (pemkab) Lobar memperhabat percepatan proses rekonstruksi rumah terdampak gempa.

Rosi, salah satu pengurus Kadin Lobar mengungkapkan Pemkab Lobar dinilai mengabaikan surat permohonan yang telah dilayangkan Kadin Lobar, terkait menindaklanjuti instruksi presiden yang meminta Kadin untuk membantu menstabilkan harga dan menjamin ketersediaan stok bahan bangunan dalam proses penanganan rekonstruksi rumah terdampak gempa di Lombok.

"Hanya Pemkab Lobar yang memandang sebelah mata Kadin. Padahal kabupaten kota lain sudah melakukan MoU dengan Kadin," tegas Rosi didampingi pengurus Kadin Lobar lainnya saat ditemui media ini di Lobar, Selasa lalu.

Menurut Rosi, Kadin sendiri pasca pertemuan dengan presiden, sudah mulai menjalankan perannya untuk menjamin harga stabil dan ketersedian stok bahan bangunan untuk kebutuhan proses penanganan rekonstruksi rumah terdampak gempa di Lombok.

"Kadin Lobar sendiri sudah membuat label nama disetiap titik toko tempat penyediaan kebutuhan bahan bangunan dalam proses penanganan rekonstruksi rumah terdampak gempa," tambah Didik, salah satu pengurus Kadin Lobar lainnya.

Ia juga menyinggung soal pencairan dana Rp1,5 Miliar tahap pertama untuk korban terdampak gempa di Lombok Barat pada Selasa (9/10) kemarin, yang dinilai tidak tepat. Kadin mempertanyakan BPBD Lobar yang memfasilitasi pencairan tersebut, padahal sebeumnya pihak BPBD mengaku masih berkutat pada maslah ketersediaan bahan bangunan.

"Kami telah memberikan penjelasan kesiapan Kadin kepada pihak Pemkab Lobar. Semoga tidak ada motif dibalik sikap Pemkab terhadap Kadin Lobar," harapnya.

Tidak sampai disitu, Kadin Lobar yang dikomandoi oleh Lalu Hermayadi ini, melakukan pertemuan lengkap dengan seluruh pengurus Kadin Lobar, membahas persoalan sikap Pemkab tersebut.

Dalam pertemuan itu, Ketua Kadin Lobar Lalu Hermayadi, mengaku bahwa memang selama ini Kadin Lobar tidak begitu terlihat banyak aktivitasnya. Namun, ia bersama kepengurusan Kadin Lobar menyatakan sepakat untuk menjalankan peran Kadin sesuai dengan instruksi presiden tersebut.

"Segera kita akan komunikasi dengan Bupati terkait Pemkab Lobar enggan melibatkan Kadin Lobar dalam proses percepat rekonstruksi rumah terdampak gempa," tandasnya.

(mn-03)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :